JunianDani.Net

An IT Enthusiast's Blog

Isu Instalasi vSphere Replication pada Multi-site vCenter Server 6

Ketika mempersiapkan home lab yang baru berbasis vSphere 6 beberapa waktu yang lalu, saya mendapati kondisi yang sedikit membingungkan dimana setelah proses deployment vSphere Replication Appliance pada masing-masing logical data center dilakukan, service VRM dari setiap virtual appliance tersebut tidak secara otomatis berjalan. Awalnya, saya mengetahui hal ini ketika proses replication pairing dari masing-masing vSphere Replication Appliance yang berada di setiap site tidak dapat berjalan sesuai dengan ekspektasi. 

Melalui tab Home dari menu vSphere Replication pada vSphere Web Client, saya juga telah memastikan bahwa memang terdapat isu dari sisi konfigurasi pada setiap vSphere Replication Appliance yang telah di-deploy.

vsra-issue-02a

Setelah mencoba mengakses halaman konfigurasi dari masing-masing vSphere Replication Appliance tersebut, barulah diketahui bahwa service VRM (vSphere Replication Manager) sama sekali tidak berjalan. Dari sini, saya kemudian mencoba untuk menjalankan kembali service VRM yang terhenti tersebut setelah melengkapi sejumlah informasi pendukung seperti LookupService Address, SSO Administrator berikut password yang dibutuhkan.

Namun demikian, service VRM pada masing-masing vSphere Replication Appliance pada masing-masing site tetap tidak dapat berjalan dengan menghasilkan pesan kesalahan sebagai berikut.

Unable to obtain SSL certificate: Bad server response; is a Lookup Service listening on the given address?

vsra-issue-01a

Setelah mencoba meneliti kembali konfigurasi yang telah terpasang sekaligus mencari-cari solusi dari isu konfigurasi tersebut via Google, akhirnya saya mendapati jika LookupService Address harus selalu merujuk pada PSC (Platform Service Controller) dari vCenter Server terkait. By default, informasi LookupService Address yang tertera pada halaman konfigurasi dari vSphere Replication Appliance akan mengarah pada IP Address atau FQDN dari vCenter Server.

Dalam model deployment vCenter Server yang berdiri sendiri atau stand-alone, dimana komponen Platform Service Controller dan vCenter Server digabung pada node yang sama, hal ini tentunya tidak akan menimbulkan masalah. Namun pada lingkungan yang terdistribusi (dimana komponen Platform Service Controller berada pada node yang terpisah dengan vCenter Server), informasi yang tertera pada halaman konfigurasi dari vSphere Replication Appliance tersebut menjadi tidak lagi valid.

Berhubung pada kondisi home lab yang tengah saya persiapkan tersebut menggunakan model deployment yang terdistribusi antara komponen PSC dan vCenter Server (guna memastikan fitur Enhanced Linked Mode dapat bekerja), maka sangat bisa dipahami mengapa service VRM dari masing-masing vSphere Replication Appliance tidak secara otomatis berjalan.

2147672_vc_external

(Image courtesy to VMware)

Sebagai resolusi untuk masalah ini, maka tentunya informasi yang tertera pada Lookup Service Address dari halaman konfigurasi vSphere Replication Appliance perlu diubah agar merujuk pada infomasi IP Address atau FQDN dari komponen PSC yang digunakan. Setelah memastikan hal tersebut sekaligus memasukkan informasi SSO Administrator berikut password yang sesuai dan selanjutnya klik pada action button ‘Save and Restart Service’, akhirnya service VRM dapat berjalan dengan baik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

JunianDani.Net © 2018