JunianDani.Net

An IT Enthusiast's Blog

Langkah Mudah Menemukan Orphan VM pada VMware vSphere

Dalam proses pemeliharaan infrastruktur virtual, adakalanya dibutuhkan sejumlah aktivitas cleaning dari sisi storage. Aktivitas ini bertujuan untuk memastikan efisiensi penggunaan storage yang ditujukan untuk menampung image virtual machine (VM) melalui penyesuaian data inventory VM yang terdapat pada suatu vCenter Server atau ESX/i Host dengan inventory image VM yang terdapat pada sisi datastore atau storage. Proses cleaning selanjutnya akan dilakukan jika ditemukan orphan VM atau image VM yang terdapat pada sisi datastore namun tidak lagi terdaftar dalam inventory VM pada vCenter Server atau ESX/i Host. 

Namun demikian, seiring dengan pertumbuhan dari jumlah VM maupun datastore pada suatu infrastruktur virtual, proses cleaning dimaksud secara manual tentunya akan sangat menyita waktu belum lagi ditambah dengan potensi terjadinya human-error. Untuk mengantisipasinya, saat ini telah terdapat sejumlah tool yang tersedia guna membantu aktivitas tersebut. Salah satu yang cukup menarik adalah RVTools. Aplikasi yang dibuat oleh Rob de Veij ini memang lebih ditujukan untuk menampilkan sejumlah informasi terperinci seputar infrastruktur virtual yang terdapat pada suatu vCenter Server atau ESX/i host.

Secara teknis, penggunaan aplikasi ini terbilang terlatif sederhana. Setelah terpasang, lakukan login menuju vCenter Server atau ESX/i host sesuai dengan credential yang dimiliki.

rvt-01

Dari sejumlah opsi tab yang tersedia, klik pada tab vHealth. Jika suatu orphan VM ditemukan, aplikasi ini akan menampilkannya pada table yang tersedia dengan bunyi pesan “Possibly a Zombie VM! Please check.” atau “Possibly a Zombie vmdk file! Please check.” sebagaimana terlihat pada tampilan screenshot berikut.

rvt-02

Tidak hanya sebatas informasi keberadaan orphan VM, tab vHealth yang tersedia pada RV Tools juga menyajikan sejumlah informasi menarik yang dapat dijadikan acuan dalam proses health check suatu infrastruktur virtual VMware seperti ada tidaknya snapshot yang aktif pada suatu VM, perangkat CD-ROM atau Floppy Disk yang terhubung pada suatu VM, inkonsistensi dalam penamaan VM, dan lain sebagainya. Konfigurasi lebih spesifik seputar opsi informasi apa saja yang ingin ditampilkan pada tab ini juga bisa diatur melalui menu Health > Properties.

rvt-03

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

JunianDani.Net © 2018