JunianDani.Net

An IT Enthusiast's Blog

Backup & Restore Contacts dengan IDrive Lite

Bagi yang memiliki beragam gadget atau smartphone dari sejumlah platform OS mobile, tentunya sedikit direpotkan ketika ingin memastikan sinkronisasi informasi Contacts yang dimiliki oleh suatu perangkat dengan perangkat lainnya.  Salah satu metode umum yang dapat digunakan dalam hal ini adalah penggunaan master contacts melalui aplikasi office populer (misalnya Microsoft Outlook) yang kemudian di-import menuju sejumlah perangkat mobile yang dimiliki. Namun pendekatan ini tidak dapat dikatakan praktis karena masih membutuhkan keberadaan PC / Laptop (berikut aplikasi office dimaksud) ketika hendak melakukan sinkronisasi contacts. Disamping itu, pengguna yang masih belum terbiasa dalam menggunakan aplikasi office sebagai media penyimpanan informasi contacts tentunya akan sedikit direpotkan ketika menggunakan cara tersebut.

Diluar pendekatan diatas, sebenarnya terdapat pula aplikasi pihak ketiga yang memudahkan mekanisme backup maupun restore terhadap informasi contacts yang terdapat pada sejumlah smartphone populer. Salah satu diantaranya adalah IDrive Lite.

IDrive Lite sendiri merupakan aplikasi mobile yang sejauh ini telah tersedia pada 3 platform mobile (yaitu iOS, Blackberry, dan Android). Fungsi utama yang dihadirkannya tentunya membantu proses migrasi contact terhadap sejumlah platform smartphone maupun gadget yang didukung.

Untuk menggunakannya, silahkan download aplikasi ini melalui portal aplikasi dari setiap platform tersebut (misalnya iTunes App Store untuk perangkat berbasis iOS, Appworld terhadap perangkat Blackberry maupun Google Play Store untuk perangkat berbasis Android). Setelah instalasi IDrive Lite dilakukan pada perangkat yang hendak dibackup informasi contacts-nya, lakukan registrasi akun pada IDrive Contact.

Bagi yang telah memiliki akun dimaksud, langkah berikutnya tinggal memasukkan informasi Email ID dan password pada authentication form yang tersedia. Fitur yang tersedia pada aplikasi ini terbilang cukup sederhana karena hanya terdapat opsi untuk melakukan Backup Contacts maupun Restore Contacts.  Ketika opsi Backup Contacts dipilih, maka secara otomatis informasi contacts yang tersedia pada perangkat tersebut akan langsung dibackup menuju server IDrive. Tentunya layanan data maupun koneksi internet menjadi sangat diperlukan dalam hal ini.

Berikutnya, lakukan instalasi aplikasi serupa pada perangkat yang hendak diimport informasi contacts-nya. Setelah proses otentikasi dilakukan (dengan menggunakan akun IDrive Contact yang sama), pilih opsi Restore Contacts untuk mengimport contacts yang telah dibackup sebelumnya.

Sampai pada tahap ini, informasi contacts yang telah dibackup pada suatu perangkat juga tersedia pada perangkat lainnya (yang diasosiasikan dengan akun IDrive Contact yang sama). Praktis bukan? :).

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

JunianDani.Net © 2018