JunianDani.Net

An IT Enthusiast's Blog

Mengubah Virtual Hardware Compatibility

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapati pertanyaan sederhana dari salah seorang rekan system engineer seputar suatu case yang ditemuinya di salah satu customer. Intinya, yang bersangkutan menyampaikan jika customer dimaksud mendapati salah satu hypervisor host (berbasis VMware ESXi 5.0) mengalami kegagalan operasional. Berhubung tidak terdapat host lainnya pada cluster yang sama maka proses recovery dari setiap virtual machine-nya hanya dapat dilakukan secara manual. Namun permasalahannya server cadangan yang ada masih berbasis VMware ESX/i 4.1. Yang kemudian menjadi pertanyaan disini adalah apakah virtual machine yang telah di-deploy pada VMware ESXi Host 5.0 juga dapat berjalan pada VMware ESXi 4.1? 

Perlu diketahui bahwa setiap hypervisor dari VMware memiliki keterdukungan terhadap sejumlah versi virtual hardware (dari virtual machine) tertentu. Silahkan merujuk langsung ke artikel KB VMware ID 1010675 seputar penjelasan lebih spesifik terhadap tingkat keterdukungan versi virtual hardware terhadap hypervisor ESX/i berikut sejumlah prosedur teknis upgrade yang diperlukan.

Untuk dapat mengetahui versi virtual hardware yang digunakan oleh suatu virtual machine, silahkan merujuk langsung ke tab Summary dari virtual machine yang dimaksud melalui vSphere C# Client maupun vSphere Web Client.

Pertanyaan berikutnya yang mungkin muncul, apakah mungkin menjalankan suatu virtual machine dengan versi virtual hardware yang tidak didukung oleh hypervisor ESXi host tertentu seperti pada case yang saya temui kali ini? Atau adakah mekanisme untuk melakukan downgrade terhadap versi virtual hardware yang digunakan oleh suatu virtual machine tertentu? Dengan sejumlah pendekatan tertentu, saya masih melihat hal ini masih dapat dilakukan meski tidak direkomendasikan untuk diterapkan pada lingkungan production.  Merujuk pada salah satu artikel terdahulu yang pernah saya buat, perubahan versi virtual hardware sebenarnya juga dapat dilakukan via VMware Workstation.

Sebelum mengikuti sejumlah panduan teknis berikut pastikan untuk terlebih dahulu melakukan backup terhadap virtual machine yang dimaksud. Adapun prosedur teknis yang diperlukan untuk mengubah versi virtual hardware dari suatu virtual machine melalui VMware Workstation adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan import VM image kedalam VMware Workstation
  2. Melalui VMware Workstation, klik pada VM image dimaksud dan kemudian akses menuju Menu bar VM > Manage > Change Hardware Compatibility
  3. Pada window Change Hardware Compatibility Wizard yang muncul kemudian, silahkan menyesuaikan Hardware Comptibility yang ada sesuai dengan versi ESXi yang hendak dituju.
    hw-comp01
  4. Dalam wizard yang sama, terdapat pula opsi modifikasi VM image yang diinginkan (baik membuat clone baru dari VM image yang dituju maupun melakukan perubahan langsung file VM image tersebut). Jika backup dari VM image dimaksud masih belum tersedia, tentunya akan lebih aman jika memilih opsi membuat clone baru dari VM image tersebut.
  5. Berikutnya, silahkan klik tombol Finish untuk dapat mengaplikasikan langsung perubahan virtual hardware compatibility yang telah didefinisikan tersebut.

Melalui panduan teknis diatas, virtual machine yang dihasilkan akan muncul sesuai dengan versi virtual hardware yang ditentukakan sebelumnya. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan disini adalah mengimport kembali output dari VM image yang dihasilkan kedalam vCenter Server atau ESX/i host tujuan.

Leave a Reply

JunianDani.Net © 2017